Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Apakah Steve Kerr salah satu pelatih terhebat dalam sejarah NBA? (PART II)

Apakah Steve Kerr salah satu pelatih terhebat dalam sejarah NBA? (PART II) – Jerih payahnya membuat Kerr layak dinobatkan sebagai Coach of the Year.

Tak hanya itu, Kerr juga mencatatkan rekor yang unik. Ia menjadi orang pertama dalam sejarah NBA yang menjadi bagian dari tim dengan jumlah kemenangan di atas 70 kali sebagai pemain dan pelatih.

Dia juga menjadi kepala pelatih pertama dalam sejarah NBA yang memimpin timnya meraih 67 kemenangan atau lebih dalam tiga musim berturut-turut.

Pelatih Terhebat Sepanjang Masa Sebelum Steve Kerr

Generasi sekarang memang tahu prestasi Steve Kerr. Tapi perlu setidaknya menengok para pendahulunya.

Pelatih-pelatih yang punya sederet prestasi hebat sebelum Kerr. Ini daftar beberapa pelatih terbaik di NBA sebelum Kerr:

Phil Jackson

Jackson memiliki gelar juara NBA terbanyak dengan 11 kali, gelar juara wilayah terbanyak (13 kali), serta persentase kemenangan playoff terbaik ketiga di liga dengan 68 persen.

Jackson juga mencetak kemenangan playoff terbanyak (229 kali), pelatih dengan kemenangan terbanyak (333 gim),dan persentase kemenangan musim reguler terbaik ketiga (70 persen), serta kemenangan ketujuh terbanyak dalam sejarah NBA.

Baca Juga : Apakah Steve Kerr salah satu pelatih terhebat dalam sejarah NBA? (PART I)

Gregg Popovich

Popovich tiga kali mendapatkan gelar Coach of the Year. Lima kali membawa Spurs juara NBA, serta enam kali menjadi juara wilayah.

Popovich berada di urutan ketiga sepanjang masa dalam hal jumlah kemenangan di laga playoff (170 kali), kedua dalam jumlah kemenangan terbanyak sebagai pelatih (284 gim), dan ketiga dalam jumlah kemenangan musim reguler (1272 gim).

Red Auerbach

Auerbach adalah pelatih dengan sembilan gelar juara NBA (kedua setelah Phil Jackson). Dia juga berada di peringkat kelima dalam kemenangan playoff (99 kali), dan peringkat 11 dalam kemenangan musim reguler (938 gim).

Mempertimbangkan kesuksesan besar Kerr dalam waktu singkat, mungkin saja Kerr bisa melewati prestasi tiga pelatih di atas.

Baca Juga : Carmelo Anthony Berubah Jadi ‘Skinny Melo’ di Orlando

Kerr masih mungkin memenangkan beberapa gelar juara NBA untuk mengahkan Phil Jackson. Menarik untuk melihat performa Kerr di musim-musim berikutnya.

Intinya: Kerr akan menjadi salah satu pelatih terhebat yang pernah ada di NBA

Prinsip pembinaan yang dibuat Kerr benar-benar mengubah penilaian orang terhadap NBA. Sekaligus strategi tripoin yang dipopulerkan Kerr dan Warriors, kini mulai dicontoh beberapa tim.

Kemampuannya untuk menjalin hubungan dengan pemain seperti Curry dan Thompson juga layak jadi panutan.

Kemampuannya untuk berbicara dengan para pemainnya, terutama meminta Andre Iguodala untuk turun dari bangku cadangan, sangat berbeda dengan pelatih lain.

Sehingga Iguodala menjadi pemain yang ditakuti ketika masuk lapangan. Alhasil, Warriors menciptakan “Death Lineup” di liga selama lima tahun.