Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART II)

Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART II) – Sebagai tim dengan kemampuan bertahan terbaik di playoff ini, Los Angeles Lakers memantau hal ini dengan seksama dan menemukan solusinya.

Mereka melakukan trap demi trap untuk mencegah dua partner kesukaan Bam, Duncan Robinson dan Tyler Herro, mendapatkan boola dengan mudah.

Di gim 1, Lakers membuat Bam seolah tak berguna di lapangan. Upaya hand-off yang ia lakukan dibaca dan diantisipasi dengan baik oleh Lakers.

Baca Juga : Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART I)

Sedangkan untuk melakukan potongan ke area kunci, Heat tak banyak menemukan celah.

Atas fakta-fakta ini saya menyimpulkan bahwa dengan adanya Bam di lapangan, ia justru akan merusak pola permainan Heat yang bergeser menjadi isolasi satu lawan satu untuk Jimmy Butler.

Kita tidak bisa mendapatkan data ini, tapi jika Anda lihat tayangan ulang gimnya (jangan cuplikan), Bam memang terus berada di dalam garis busur saat Heat menyerang.

Bukti kembalinya Bam tidak bekerja dengan baik adalah statistik lanjutan. Di gim 4, 22 menit Heat turun dengan susunan Herro, Robinson, Butler, Jae Crowder, dan Bam.

Susunan pemain ini hanya menghasilkan offensive rating di angka 117 sedangkan defensive rating mereka 119 atau berarti secara net rating (-2).

Baca Juga : Pemain NBA Boleh Undang Empat Orang ke “Gelembung”, Dengan Syarat Ketat (PART III)

Statistik ini bahkan menunjukkan bahwa kehadiran Bam juga tak otomatis membuat pertahanan Heat jadi lebih bagus selain sisi menyerang mereka yang semakin buruk.

Angka ini jauh dari catatan gim 3 saat Heat turun dengan empat pemain yang saya tulis pertama plus Kelly Olynyk atau Meyers Leonard. Saat Olynyk di lapangan, Offensive rating Heat di angka 142,9 sementara defensive rating di angka 95,7 yang membuat net rating mereka menjadi 47,2.