Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART V)

Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART V) – Gim 2, tanpa Bam dan Dragic, Heat masih berusaha mempertahankan permainan mereka dengan banyak pergerakan bola cuma beda susunan pemain.

Cara ini cukup membuat sulit Lakers karena skuat yang sering turun di gim 2 adalah skuat kecil yang fleksibel. Pertahanan mereka tidak baik, tapi serangan mereka kencang.

Melihat cara lama tak berhasil, Erik Spoelstra mengubah strategi dengan isolasi satu lawan satu bergantung dengan Jimmy dan memasukkan Olynyk sebagai senjata baru.

Cara ini berhasil karena Lakers tak punya pemain sepadan menjaga Jimmy sebab Davis terkena foul trouble. Jimmy tampak sangat kekalahan tapi Heat pulang ke hotel dengan kemenangan.

Lakers tak tinggal diam melihat area kuncinya dihancurkan Jimmy seorang diri. Davis ditugasi menjaga Jimmy sepanjang gim 4 dan lebih ketat di paruh kedua.

Baca Juga : Bam Adebayo dan Alasan-alasan di Balik Kekalahan Heat di Gim 4 (PART IV)

Jimmy tak berkutik sedangkan Bam yang kembali tampak tak mampu memberi banyak bantuan dengan gaya bermainnya yang antik.

Lakers kini hanya berjarak satu kemenangan dengan gelar juara ke-17 mereka.

Gim lima masih berjarak dua hari lagi. Lakers sudah menyiapkan jersei mamba berwarna hitam, seolah sudah meyakini mereka akan mengangkat trofi di malam itu.

Narasi memang akan sangat tepat jika Lakers berhasil juara. Kematian tragis Kobe Bryant, pandemi virus korona, “gelembung” NBA, isu rasial, final paling ideal (meski tak seimbang), dan menutup musim dengan jersei spesial untuk Kobe.

Namun, kita semua tahu bahwa narasi Heat juga tak sepele. Heat musim ini tak seharusnya masuk final.

Mereka berjuang mati-matian membangun skuat dan kedatangan Jimmy seolah menjadi momen di mana mereka semua bersatu menuju gelar juara.

Latihan jam tiga pagi di waktu orang tahajud, badai cedera silih berganti, kejutan para ruki (Herro dan Kendrick Nunn).

Baca Juga : Pemain NBA Boleh Undang Empat Orang ke “Gelembung”, Dengan Syarat Ketat (PART I)

Berkembangnya salah satu penembak jitu terbaik terpanjang sejarah dalam diri Duncan Robinson, Bam menjadi fasilitator, hingga Dragic yang perkasa di usia senja, mereka juga bisa memiliki akhir manis dengan gelar juara.

Mari kita tunggu bagaimana Erik Spoelstra mersepon perubahan strategi Lakers di gim 4 kemarin. Sanggupkah ia menjawab pertanyaan yang disuguhkan oleh kehebatan bertahan Davis?

Sanggupkah Heat menunda atau bahkan menggagalkan narasi indah penghormatan Lakers untuk Kobe? Dua hari lagi!