Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Horace Grant

Horace Grant Pernah Dituduh Bocorkan Rahasia Michael Jordan

Horace Grant – Horace Grant mengawali karier sebagai pemain basket profesional di Chicago Bulls tahun 1987 hingga 1994.

Pernah bermain bersama Michael Jordan, tapi justru malah dituduh sebagai informan Sam Smith. Jordan sendiri menganggap Grant menjadi informan buku ‘Jordan Rules’.

“The Jordan Rules: The Inside Story of Turbulent Season With Michael Jordan and the Chicago Bulls” adalah buku yang ditulis oleh Sam Smith, terbit tahun 1992.

Buku ini menceritakan Chicago Bulls yang juara NBA musim 1990-91. Sorotan utamanya tentang strategi ‘Jordan Rules’ yang digunakan oleh Detroit Pistons untuk membatasi efektifitas Michael Jordan.

Terbitnya buku ‘Jordan Rules’ membuat hubungan Michael Jordan dan Horace Grant retak.

Grant dituduh sebagai orang yang membocorkan informasi yang berhubungan dengan Michael Jordan kepada Sam Smith.

Baca Juga : Jayson Tatum

Tak hanya itu, Grant menjadi kambing hitam karena buku tersebut menulis bagaimana Jordan memperlakukan rekan satu timnya.

Cerita tetang perilaku Jordan itu semakin menguatkan tuduhan kepada Grant. Sam Smith mendaku mendapatkan cerita menarik seputar Jordan dan Grant.

Jordan pernah meminta salah satu staf kepelatihan untuk tidak memberi makan Grant bila peraminannya buruk.

Horace Grant pun angkat bicara setelah bertahun-tahun. Munculnya film dokumenter ‘The Last Dance”, membuat banyak fakta terkuak. Salah satunya hubungan Jordan dan Grant.

Ternyata tuduhan itu salah besar. Grant berbicara banyak tentang masalah ini di podcast ‘Pardon My Take’.

Menurutnya, Sam Smith sebagai penulis buku ‘Jordan Rules’, sebenarnya sudah berbicara dengan beberapa pemain Bulls lainnya seperti Bill Cartwrright dan John Paxson.

Smith bahkan pernah berbicara dengan Phill Jackson yang saat itu menjadi asisten pelatih Bulls.

“Saya tidak tahu dari mana mereka bisa menuduh kalau saya menjadi sumber buku tersebut. Ini merupakan kebohongan,” kata Grant.

Baca Juga : Manajemen Houston Rockets Mengaku Diuntungkan Penundaan Liga

Horace Grant juga bercerita tentang hubungannya dengan Jordan. Awalnya dua pemain tersebut punya tujuan yang sama untuk membawa Bulls meraih kemenangan.

Tetapi setelah bukut ‘Jordan Rules’ terbit, semuanya berubah kacau.

Grant mengakui bahwa salah satu alasanya kepindahannya ke Orlando Magic tahun 1994 yaitu Jordan tidak menghendaki satu tim dengannya.

“Michael dan saya benar-benar tidak memiliki hubungan yang erat. Kami hanya saling menghormati sebagai rekan satu tim, yang punya tujuan memenangkan kejuraan.

Kami tidak pernah bergaul di luar lapangan,” kata Grant.

Horace Grant meninggalkan Chicago Bulls tahun 1994. Sebelum pergi, Grant menjadi bagian tim Bulls yang menjuarai NBA tahun 1991,1992, dan 1993.

Setelah pergi dari Bulls, Grant melanjutkan karier bersama Orlando Magic (1994-1999 dan 2001-2002), Seattle SuperSonics(1999-2000), Los Angeles Lakers (2000-2001) dan 2003-2004.

Sepanjang kariernya di NBA, Grant mencetak 12,996 poin, 9,443 Rebound, dan 2,575 asis. Selain pernah juara bersama Bulls, Grant juga pernah juara bersama LA Lakers, pada tahun 2001.