Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Kings Datangkan Rex Kalamian, Salah Satu Asisten Pelatih Top NBA

Kings Datangkan Rex Kalamian, Salah Satu Asisten Pelatih Top NBA – Sacramento Kings tidak main-main dalam mempersiapkan tim untuk NBA 2020-2021. Baru-baru ini, Alvin Gentry ditunjuk menjadi Assiciate Head Coach mendampingi kepala pelatih Luke Walton. Kini mereka menyewa jasa Rex Kalamian. Salah satu asisten pelatih top di NBA. Kalamian sendiri pernah menjadi asisten pelatih Kings di tahun 2007 hingga 2009.

Kalamian menjadi asisten pelatih di NBA sejak 1995 hingga sekarang. Dia pernah menangani tim LA Clippers, Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, Oklahoma City Thunder, Toronto Raptors, dan Sacramento Kings. Terakhir, Kalamian direkrut Clippers mendampingi Doc Rivers. Dua musim di Clippers, Kalamian membantu tim ini mencetak rekor pertandingan 7-57 atau membuat persentase kemenangan 62,9 persen. Ternyata Kalamian pernah mencetak persentase kemenangan 66 persen saat bersama Oklahoma City Thunder (2009-2015), dan 67 persen bersama Raptors (2015-2018).

Baca Juga : Mark Daigneault, Kepala Pelatih Baru Oklahoma City Thunder

Kabar merapatnya Kalamian ke Kings dilaporkan oleh Andrian Wojnarowski dari ESPN. Setelah Doc Rivers pergi dari Clippers dan Tyronn Lue menggantikan tugasnya, beberapa asisten pelatih juga pamit dari tim tersebut. Sebelumnya Sam Cassell dikabarkan menyusul Rivers ke Philadelphia 76ers. Setelah itu, Kalamian pindah ke Kings. Sementara Lue mendatangkan Kenny Atkinson serta Dan Craig untuk mendampinginya.

Arah perubahan Kings lebih jelas saat ini. Alvin Gentry akan membantu Walton mengatur strategi serangan. Sedangkan Kalamian bertugas memperbaiki sistem pertahanan De’Aaron Fox dan kawan-kawan. Sebab, salah satu kesuksesan Kalamian selama ini adalah membuat pertahanan tim lebih kuat. Pertahanan jadi kelemahan Kings. Menurut data statistik dari teamrangkings.com, pada NBA 2019-2020 lalu, Kings membiarkan lawan mencetak 112,1 poin per gim (Opp Points/Game). Itulah alasan Kings harus mendatangkan seorang Rex Kalamian.

Baca Juga : Derrick Rose Berpeluang Gabung ke Lakers

Kings akan bertumpu pada De’Aaron Fox musim depan. Dari sisi pertahanan, mereka akan mengandalkan Richaun Holmes dan Harrison Barnes. Mudah-mudahan Marvin Bagley III juga sudah sembuh seratus persen. Dia bisa membawa perubahan di sisi pertahanan. Kalamian dikenal sebagai asisten pelatih yang tidak suka berada di balik komputer. Dia senang melatih pemain secara langsung. Memaksa mereka berlatih keras agar bisa terampil menjaga lawan satu lawan satu.