Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

NBA Menggeser Tanggal Musim Baru (Lagi)

NBA Menggeser Tanggal Musim Baru (Lagi) – Pandemi virus korona benar-benar menyulitkan penyelenggara olahraga. Bahkan sekelas NBA pun bingung menentukan tanggal dimulainya musim baru. Kali ini, NBA mengincar tanggal 18 Januari sebagai hari pertama dimulainya kompetisi musim 2020-2021.

NBA musim 2019-2020 resmi berakhir setelah Los Angeles Lakers memastikan gelar juara di hari Minggu, 11 Oktober lalu. Selanjutnya, NBA langsung berpikir untuk menentukan tanggal pelaksanaan musim baru.

Awalnya liga akan memulai musim baru pada 1 Desember 2020. Namun itu tidak mungkin digelar, sampai akhirnya ada kabar bahwa liga bisa dimulai tepat di Hari Natal, 25 Desember 2020. Kabar tersebut ditepis langsung oleh Komisaris NBA Adam Silver.

Baca Juga : Rajon Rondo Tak Suka Julukan “Playoff Rondo”

“Tebakan terbaik saya, meskipun musim ini dinamakan musim 2020-2021. Tapi tidak akan dimulai sampai tahun 2021. Awalnya kami akan memulai di Hari Natal. Tetapi saya percaya, itu tidak mungkin terjadi,” kata Silver dalam wawancara dengan CNN, pada 22 September lalu.

John Hollinger dari The Athletic melaporkan bahwa liga sedang mengincar tanggal baru yaitu 18 Januari 2021. Itu bertepatan dengan peringatan Hari Mathin Luther King Jr. Namun itu baru target saja. Adam Silver sendiri rencanaya akan mengumumkan kepastian tanggal musim baru dalam delapan minggu ke depan.

Setelah menentukan jadwal, masih ada pekerjaan lain yang lebih penting, yaitu menyusun jadwal pertandingan. Silver tetap menginginkan bahwa kompetisi musim 2020-2021 tetap berlangsung penuh atau 82 pertandingan. Dia juga sedang berupaya agar penonton bisa hadir di arena.

“Tujuan kami, musim depan tetap 82 pertandingan reguler ditambah playoff. Kami masih mempelajari bagaimana kemungkinan penonton bisa datang ke arena,” jelasnya.

Baca Juga : Pemain NBA Boleh Undang Empat Orang ke “Gelembung”, Dengan Syarat Ketat (PART II)

Hollinger melaporkan bahwa liga sedang membahas masalah logistik musim depan. Ini terkait dengan pembatasan perjalanan yang berlaku di Kanada. Sebab akan berpengaruh pada tim Toronto Raptors. Lebih lanjut, liga juga sedang mempertimbangkan sistem seri. Alasannya, ini bisa mengurangi jumlah perjalanan klub, serta mempercepat musim reguler. Langkah tersebut diambil untuk memberi kesempatan kepada pemain internasional bisa tampil di Olimpiade Tokyo. Bila tidak dipercepat, maka jadwal NBA dan Olimpiade 2021 bisa bertabrakan.

Liga masih punya banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan dalam beberapa bulan ke depan, seperti penentuan batasan gaji pemain. Lalu tanggal pembukaan bursa pemain bebas agen. Sementara itu, agenda terdekat NBA adalah Draft yang rencananya berlangsung pada 18 Oktober mendatang.