Basket / Berita Olahraga / NBA / Olahraga

Satu Kemenangan Lagi untuk Trofi ke-17 Lakers

Satu Kemenangan Lagi untuk Trofi ke-17 Lakers – Los Angeles Lakers berhasil mendekatkan diri mereka dengan gelar juara usai memenangi gim 4 final NBA 2020 dengan skor akhir 102-96, Selasa, 6 Oktober 2020, waktu setempat. Gim berjalan dengan sangat ketat usai jarak kedua tim tak pernah lebih dari 7 poin sebelum menit akhir pertandingan. Tripoin plus layup Kentavious Caldwell-Pope di sisa dua menit gim membuat jarak menjadi sembilan poin (terbesar di gim ini). Tak lama berselang, Anthony Davis mencetak tripoin yang memastikan Miami Heat tak bisa mengejar lagi.

 Lakers sebenarnya tampil cukup kesulitan di paruh pertama. Davis tak kunjung menemukan sentuhannya sedangkan LeBron James berkutat dengan turnover (5 turnover di paruh pertama). Namun, kedua pemain ini berubah total di paruh kedua. LeBron menutup gim dengan dobel-dobel 28 poin, 12 rebound, dan 8 asis. Ini adalah dobel-dobel ke-126 sepanjang kariernya di playoff. Di paruh kedua, LeBron hanya membuat 1 turnover.

Baca Juga : Sapu Bersih Las Vegas Aces, Seattle Storm Juara WNBA 2020

Davis mengikuti dengan 22 poin, 9 rebound, 4 asis, dan 4 blok. Termasuk di dalamnya blok di detik-detik akhir pertandingan kepada Jimmy Butler. Davis adalah pemain dengan menit terbanyak untuk Lakers dengan 41 menit. KCP menebus penampilan buruk di gim sebelumnya dengan 15 poin dan 5 asis dari 6/12 tembakan (50 persen). Pun begitu dengan Danny Green yang menambahkan 10 poin dari 4/8 tembakan (50 persen).

Kredit khusus layak diberikan pada barisan cadangan Lakers yang tampil baik sepanjang final ini. Serupa dengan gim 3, Markieff Morris dan Kyle Kuzma jadi top skor bersama dari bangku cadangan dengan 9 poin. Alex Caruso memberi energi tiada henti dengan 7 poin sedangkan Rajon Rondo menguasai pertandingan dengan kecerdikannya, 7 rebound plus 5 asis.

Heat kembali diperkuat oleh Bam Adebayo. Tapi, seperti ulasan kami kemarin, kembalinya Bam justru membuat serangan Heat tampak membingungkan. Butler sangat dekat dengan tripel-dobel usai membukukan 22 poin, 10 rebound, 9 asis, dan 3 steal. Sayangnya, Butler bisa dibilang mati kutu di paruh kedua. Dari catatan-catatan tersebut, 13 poin Butler tercipta di paruh pertama.

Baca Juga : 7 dari 8 Partai Playoff Sudah Pasti, Lakers Belum Punya Lawan

Tyler Herro jadi top skor kedua Heat dengan 21 poin dan 7 rebound. Herro mencatatkan namanya di buku rekor sebagai ruki dengan tripoin terbanyak di final NBA. Herro membukukan 45 tripoin sejauh iniyang menggeser Sam Cassell. Duncan Robinson menambahkan 17 poin sedangkan Adebayo 15 poin plus 7 rebound.

Untuk pertama kalinya di final kali ini, kedua tim akan mendapat jatah libur tiga hari. Gim 5 yang bisa jadi gim terakhir final NBA 2020 akan digelar Jumat, 9 Oktober 2020, waktu setempat.